Do It Yourself

Sekadar berbagi inspirasi

Sharing Tips Hunting Peripheral Komputer

Written by dwee on 00.03

Merancang kombinasi komponen PC (sebut saja meracik) untuk membangun sistem PC ideal sesuai budget adalah langkah awal. Berbekal browsing spesifikasi, review, dan konsultasi melalui forum rasanya cukup sebagai dasar membuat racikan yang lezat (baca: optimal@budget). Dari sini Anda dapat mengoptimalkan budget dengan menentukan komponen-komponen yang paling value dengan performance oke.

Langkah lanjutan yang menentukan kelezatan sistem yang akan kita bangun adalah mendapatkan komponen-komponen sesuai racikan. Tentunya akan percuma jika racikan hanya berhenti di kertas karena ada komponen kritis yang gagal diperoleh. Jika komponen kritis tidak sesuai racikan, PC Anda akan menjadi biasa-biasa saja (un-optimizeable. reff: optimize, overclock, etc.). So, hunting peripheral menjadi bagian yang penting.

Bekal penting dalam hunting ini adalah pengetahuan di mana Anda akan membeli peripheral yang Anda butuhkan. Ini menyangkut ketersediaan, perbandingan harga, dan garansi. Apabila Anda (sering) berkesempatan menyaksikan pameran komputer, kumpulkan brosur dari berbagai stan sebagai bahan perbandingan. Beberapa hal menyangkut hunting peripheral komputer bagi end user saya rangkum sebagai berikut.

  1. Teknologi komponen komputer berkembang sangat cepat. Teknologi yang lebih baru akan mendorong turunnya harga produk dengan teknologi sebelumnya. Ini menentukan momen yang tepat dalam hunting (wait and see the market ;p). Saran: ikuti perkembangan melalui internet.
  2. Carilah referensi harga di internet sebagai pembanding. (in my opinion, sering kali harga di Jogja lebih murah ;-)).
  3. Tentukan di toko mana Anda akan membeli. Anda dapat mengacu dari brosur-brosur yang anda miliki. Biasanya tidak semua komponen dapat dibeli hanya dari satu toko.
  4. Konfirmasikan stok barang di brosur dengan tokonya melalui telepon. Ini penting untuk mengetahui ketersediaan dan harga. Kadang kala ada toko yang mencantumkan suatu item dengan harga yang syuur murah, setelah dikonfirmasi ternyata barang ngga ready. He-he, ayo hemat energi.
  5. Jika memungkinkan, lakukan pembelian ketika kurs dolar paling murah (mungkin ngga ya?)
  6. Perhatikan garansinya (terutama hardisk) dan layanan purna jualnya. Ini penting agar Anda dapet menggunakan PC Anda dengan tenang nantinya.

Beberapa toko komputer di Jogja yang dapat menjadi target hunting:

(menyusul)


Semoga bermanfaat.

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book
  1. 0 komentar: Responses to “ Sharing Tips Hunting Peripheral Komputer ”