Do It Yourself

Sekadar berbagi inspirasi

The Magic of 'Magic Jar'

Written by dwee on 22.07

Mungkin judul di atas agak bombastis ya. Tidak ada maksud apapun, kecuali sekadar sharing tentang hacking (jika boleh disebut demikian) magic jar. Tentunya Anda tidak asing dengan magic jar, bukan? Hacking magic jar kali ini tidak membutuhkan tool khusus ataupun skill teknis yang rumit. Intinya hanya mengeksplorasi manfaat alat untuk fungsi yang lain (sejalan dengan konsep DIY ).

Magic jar yang kita gunakan sehari hari untuk mempertahankan hangatnya nasi sebenarnya memiliki potensi penggunaan lain yang cukup menarik. Salah satu fungsi yang ingin saya share di sini adalah sebagai 'oven' untuk mengembalikan kerenyahan kerupuk. Ya, oven yang sangat tepat bagi kerupuk karena suhu magic jar memang tidak terlalu tinggi.

Cara merenyahkan kerupuk melempem menggunakan magic jar mudah saja, semudah memanaskan nasi dengan alat itu. Berikut ini adalah cara iseng saya merenyahkan kerupuk menggunakan magic jar nganggur.
  • Pertama, keluarkan bak penampung nasi dan bersihkan bagian dalam magic jar. Demi keamanan, lepaskan hubungan listrik magic jar dengan stop kontak.
  • Berilah alas kertas minyak atau koran pada dasar bagian dalam magic jar tersebut kemudian letakkan kerupuk-kerupuk melempem pada alas itu. Ingat, yang kita gunakan sebagai oven adalah magic jar tanpa bak penampung nasi. Jadi, kerupuk diletakkan langsung dalam magic jar.
  • Tutuplah magic jar dan nyalakan power (atau hubungkan kabel dengan stop kontak). Dalam waktu 30 menit hingga 1 jam kerupuk Anda akan kembali renyah seperti habis digoreng.
Mudah bukan? Prinsip merenyahkan kerupuk di sini adalah membuang kelembaban pada kerupuk yang melempem. Panas yang dihasilkan magic jar sangat tepat untuk keperluan ini. Jika panas berlebihan, misalnya dengan menggunakan oven betulan maka kerupuk dapat dipastikan akan gosong.

Selamat mencoba...

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book
  1. 0 komentar: Responses to “ The Magic of 'Magic Jar' ”