Do It Yourself

Sekadar berbagi inspirasi

Double Impact by HDD Failure…Backuplah Sebelum Terlambat

Written by dwee on 23.05

Sesuai judulnya, saya baru saja jatuh tertimpa tangga. Hardisk rusak-data hilang (oh my god...mudah-mudahan datanya masih dapat diselamatkan… berharap mode: on).

Semua berawal dari kejadian paling menakutkan bagi pengguna Windows, yaitu BSOD (blue screen of death). Saya sempat mengira bahwa ini hanyalah kejadian memori error biasa. Namun, saat di-restart terdengar bunyi aneh dan cukup keras dari hardisk…cetek-cetek-cetek….udah deh… so long my HDD. Hope I can save my data…

Malangnya, hardisk tersebut belum lama habis masa garansinya (garansi pendek 1 tahun dari toko) dan banyak data di dalamnya yang belum dibackup. Siapa sangka maut begitu cepat menjemputnya (… so dramatic)….self deffense mode: on. Jadi, Hardisk itu baru berumur satu tahun lebih sedikit saja. Bayangkan betapa kesalnya ketika ratusan foto, mp3, video, dan software yang kita simpan mendadak hilang.


Regret comes later… Ungkapan ini cukup tepat untuk menggambarkan situasi ketika kita kehilangan hardisk dan kita belum mem-backup data-data penting di dalamnya. Ternyata sudah sedemikian tergantungnya saya dengan media penyimpanan (storage) bernama hardisk.


Back up your data before your storage blow up…

Secara teknis, umur peralatan elektronik dapat diperkirakan. Ada yang namanya MTBF (mean time before failure) pada hardisk, lamanya sekitar 10.000 jam. Artinya, technically hardisk baru boleh gagal setelah lewat MTBF itu. Namun, tidak ada yang dapat menjamin apakah umur teknis itu dapat tercapai. Kenyataan yang baru saja saya alami, hardisk baru berumur 17 bulan udah koit. Tarohlah dalam satu hari saya menghidupkan komputer selama 5 jam maka hardisk tersebut baru on line selama 5 x 30 x 17 = 2550 jam. Ini baru seperempat umur teknisnya!!!? Oh...poor me (sad mode: on).

Kira-kira mengapa hardisk bisa rusak mendadak begitu?

Listrik biasanya menjadi kambing hitam dalam kegagalan hardisk premature. Dalam kasus ini listrik tidak ada masalah. Saya melengkapi sistem saya dengan UPS dan Stabilizer servo, serta PSU yang cukup bonafid (enlight). Lalu apa yang menyebabkan hardisk ini gagal sedemikian dini? Ada banyak faktor, di antaranya bad luck.


Jadi, backup itu ternyata sangat penting tanpa perlu melihat berapa umur hardisk yang kita gunakan.

Go backup before you got bad luck...


RIP: Seagate Barracuda 80 GB 7200-7

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book
  1. 0 komentar: Responses to “ Double Impact by HDD Failure…Backuplah Sebelum Terlambat ”