Do It Yourself

Sekadar berbagi inspirasi

Semacam Virus di VCD (Bajakan) Ayat Ayat Cinta

Written by dwee on 17.30

Film Ayat-ayat Cinta saat ini sedang diputar di bioskop-bioskop utama di Indonesia. Namun, versi VCD nya (bajakan) sudah beredar di rental-rental (hal biaya ya?). Mengenai VCD bajakan tidak akan saya bahas di sini, apalagi film Ayat-ayat Cinta tersebut. Saya hanya akan share tentang adanya semacam virus yang memanfaatkan autoplay pada keping VCD (bajakan) itu.

Ini bermula ketika sore kemarin komputer teman saya tiba tiba error sesaat setelah dimasuki VCD (bajakan) Ayat-ayat Cinta. Semula tujuan dia memang ingin men-copy film itu ke komputernya. Tetapi pas VCD itu dimasukkan ke CD drive, dia bilang seperti muncul window DOS yang kemudian menghilang. Ini seperti modus virus ketika dieksekusi sengaja maupun tidak sengaja. Bedanya, di VCD ini virus memanfaatkan fitur autorun Windows.

Akibat yang ditimbulkan (semacam) virus ini adalah hilangnya aplikasi MS Office dan kegagalan fungsi beberapa menu Windows. Begitu komputer dimatikan/restart, komputer itu sudah tidak bisa hidup lagi. Di layar hanya ada text yang memberitahukan bahwa file hal.dll di direktori system32 hilang. Entah apa lagi kerusakan yang ditimbulkan, yang jelas 2 komputer sudah menjadi korban dengan menderita kerusakan Windows. Ketika sempat dibuka di Windows Eksplorer terlihat bahwa di VCD tersebut terdapat beberapa file hidden yang antara lain berisi file autorun, dan aplication tertentu seperti umumnya virus. Sayang sekali kemarin ngga kepikiran bikin screenshot-nya.

Dari kasus ini saya jadi ingat pesan lama untuk selalu menekan tombol shift di keyboard setiap kita memasukkan CD atau Fashdisk (mendisable autorun secara manual). Bahkan VCD sekalipun, akan lebih aman jika kita menekan shift ketika memasukkannya ke CD/DVD drive di PC. Lebih baik mencegah daripada harus instal ulang sistem keseluruhan. Waspadalah...waspadalah!!

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book
  1. 5 komentar: Responses to “ Semacam Virus di VCD (Bajakan) Ayat Ayat Cinta ”

  2. By Share::Learn::Survive on 28 Maret 2008 pukul 03.27

    wah gawat dong. Yang bikin VCD nya kok jahat gitu ya? Lha kalau cuma mau nonton di PC masa harus ngorbanin Windowsnya. Ck ck ck

  3. By Anonim on 28 Maret 2008 pukul 03.35

    Itu pasti bukan proteksi anti bajak. Soalnya VCD nya aja udah bajakan gitu. Niatnya memang bikin error PC aja. Kalau proteksi anti bajak kayaknya lebih elegan caranya. Ngga bikin rusak PC gitu

  4. By Anonim on 2 April 2008 pukul 05.43

    bener juga, mas, mesti hati2 dan waspada. kalo gara2 mutar cd, kompie jadi ancur kena virus, amat merepotkan. kira2 kalo os-nya pakek ubuntu, masih jugakah virus itu mampu menyerang kompie?

  5. By dwee on 2 April 2008 pukul 18.05

    Kalau OS nya Ubuntu atau distro Linux yang lain aman Pak. Itu virus memanfaatkan autorun primitif yang hanya jalan di Windows.

  6. By Anonim on 14 September 2010 pukul 15.40

    lwocogblndmfzmczqegy, justin bieber baby lyrics, kifcuji.