Do It Yourself

Sekadar berbagi inspirasi

Hotfix…Hotfix!!! (translate: Jamu kuat…Jamu Kuat!!!)

Written by dwee on 00.45

Seorang teman yang telah menggunakan Windows Vista (ultimate edition) mengklaim bahwa Windows Vista lebih responsif di sistemnya dibandingkan ketika menggunakan Windows XP. Ah, yang benar saja, bukankah Windows Vista menuntut spesifikasi hardware yang tinggi agar nyaman digunakan? Memang benar.


Sebelumnya, mari kita lihat spesifikasi hardware yang digunakan teman saya tersebut. System dia memang up date, yaitu AMD Athlon 64 X2 3600+ OC’ed to 4500+, DDR2 1024x2 dengan dual channel mode, HDD Sata II dengan buffer 8MB. Dari sini saya menyimpulkan bahwa Wndows Vista lebih pintar memanfaatkan hardware yang ‘hot’ itu untuk berjalan lebih wuss..wusss.

Lalu, ada apa dengan Windows XP? Mengapa Justru lemot dengan harware yang sama? Ternyata Windows XP memang belum sepenuhnya mendukung prosesor multicore. Windows XP lahir ketika prosesor masih jomblo, alias single core. Dia ada masalah dengan fitur Cool n Quiet dan CPU Throttling pada prosesor dual core. Untuk itu, Windows XP memerlukan jamu kuat agar mampu menangani hardware multicore yang ‘hot’ dengan lebih hot secara prosesorawi (manusiawi ala prosesor :p). Selain, tentu saja, driver prosesor dual-core dan AMD dual core optimizer.

Jamu Kuat bagi Windows XP untuk menggerakkan Dual Core itu bernama Hotfix KB896256, update Windows XP SP2 bagi prosesor multicore.

Ulasan lebih lengkap dan how to-nya ada di thread ini (thanks to GAR @ xtremesystem.org)


Disclaimer: Only for Windows XP SP2 and dual core processor. Update with your own risk.

Cukup ribet ya? Nggak juga, saya telah menggunakan jamu itu dan hasilnya Windows XP saya lebih perkasa di sistem saya (see my system). Saya tidak melakukan benchmark namun dengan pemakaian sehari-hari terasa lebih nyaman saja (efek plasebo?).

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book
  1. 0 komentar: Responses to “ Hotfix…Hotfix!!! (translate: Jamu kuat…Jamu Kuat!!!) ”