Do It Yourself

Sekadar berbagi inspirasi

Mini ATX Reborn

Written by dwee on 19.44

Ketika menggunakan prosesor AMD generasi 90nm (Sempron Palermo, keluarga Athlon 64 Venice) saya terkesan dengan dinginnya. Prosesor, chipset, dan mosfet mobo (saya menggunakan Biostar T series) tidak panas, apalagi kepanasan. Padahal CPU kondisi ter-overclock. Hal ini memancing saya untuk melirik casing mini atx generasi pentium III. Di dalam ruang kecil casing mini atx saya yakin AMD (apalagi generasi 65 nm) tidak akan kepanasan. Terlebih lagi setelah ditambah lubang exhaust fan. So, my next AMD machine will be fit in this kind of case.

Saatnya untuk case modding nih.

Bahan mentahnya adalah sebuah casing mini atx bekas pentium III keluaran LG Electronics. Kondisinya masih oke, tanpa karat, masih komplit dengan panel switch, led indikator, speaker, dan sebuah kipas (intake fan 9 cm). Hanya saja catnya sudah kusam dan bulukan (memang mau dicat ulang. its realy no problem for me).

Harganya fantastis, cuma 35 ribu saya tawar 30 ribu boleh…very-very economic (Jogja memang surga komputer he he). Konstruksi casing ini lebih bagus dibanding casing-casing baru saat ini yang umumnya dibuat dari plat tipis. Plat casing ini tebal, kuat, dan coating antikaratnya bagus. Saya pernah melihat konstruksi seperti ini pada casing enlight seharga 500 ribuan (busseeettt). Oh ya, keuntunga plat tebal adalah berkurangnya kebisingan karena getaran kipas tidak merambat di seluruh body casing (IMO lho).

Yang akan saya lakukan pada casing ini adalah membuat lubang exhaust fan (it’s a hard mod, dude!!) dan mengecatnya agar layak untuk dihuni my new AMD system (see my previous post).

Here is the pic before treatment…. (udah di unpack)



Konsep casing ini adalah Man in Black. So akan ada kombinasi flat black (dof) dengan glossy black. Bagian dalam juga di-byur dengan cat warna silver
Ini hasilnya masih pretelan...



Lubang exhaust fan bagian atas casing. Dibuat dengan bor + gerinda seadanya :p


Akhirnya siap untuk dihuni

Any comment?

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book
  1. 0 komentar: Responses to “ Mini ATX Reborn ”